Sabtu, 14 April 2012

Shopaholic

 
  Shopaholic adalah suatu perilaku di mana seseorang memiliki kebiasaan berbelanja sampai ke tahap kecanduan, seorang shopaholic sering kali membeli barang yang sama, namun hanya berbeda merk dan warna. Dan bukanlah sesuatu yang  mengherankan jika barang-barang tersebut tersimpan rapi tanpa dibuka begitu sampai di rumah.
    Seorang shopaholic dapat membeli apa saja, mulai barang-barang mahal sampai barang murah.
Banyak sekali orang yang berbelanja untuk melepas stress, padahal sesungguhnya ini cuma obat sesaat karena berbelanja hanyalah alat pemuas semu, begitu pulang dari berbelanja, akan kembali lagi ke persoalan semua. Berbelanja memang menyenangkan untuk kebanyakan orang. Banyak sekali perasaan menyenangkan yang akan didapat dari sana, mulai dari pujian yang akan diterima saat teman-teman kita melihat kita menggunakan barang-barang tersebut, kesenangan punya barang baru, dan merasa paling istimewa dari pada yang lain.

    Inilah yang membuat seorang shopaholic sulit melepaskan diri dan bahkan semakin menjadi-jadi. Apalagi saat ini sudah bnyak orang yang memiliki kartu kredit yang membuat kita merasa mendapat barang tanpa mengeluarkan uang. Orang-orang shopaholic saat berbelanja habis-habisan akan membuat pembenaran yang membenarkan dirinya. 
     Memang sulit untuk menentukan batasan kapan seseorang bisa dikategorikan sebagai seorang . Tapi untuk mudahnya mungkin bisa dilihat dari beberapa hal sederhana berikut:
  • Seorang shopaholic sering melewati batas, dan membeli barang-barang yang belum tentu dipakai (termasuk barang-barang yang sudah dimiliki).
  • Tidak memiliki pertimbangan harga, begitu sudah terpikat oleh suatu barang tertentu, berapa pun harganya akan dihajar tanpa dipikir panjang.
  • Sering lupa akan barang-barang yang sudah dibeli.
Kecanduan berbelanja seperti ini akan menjadi masalah jika uang yang digunakan berbelanja sudah melebihi kemampuan , dan bila sampai mengorbankan hal-hal yang lebih penting.

Tips sederhana untuk teman-teman yang merasa sudah kecanduan belanja atau mulai kecanduan, adalah membawa seorang teman dekat saat berbelanja, dan mintalah mereka untuk mengingatkan di saat kita sudah di luar batas. Tentunya dengan kesediaan untuk mendengarkan teman dekat tersebut. Percuma saja bila teman kita berkoar-koar mengingatkan tapi kita sendiri tetap saja membeli semua yang terlihat oleh mata :)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates